Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 07 November 2016

Tag: , , , , , ,

MELBOURNE : THE COOLEST CITY IN AUSTRALIA


"We travel not to escape life, but
for life not to escape us"

-Anonymous-


Sebagai penduduk Indonesia yang tinggal di negara tropis dan hanya memiliki 2 musim, sudah pasti saya beberapa kali bermimpi bagaimana rasanya untuk merasakan liburan musim panas di negara empat musim. Diklaim sebagai kota terkeren di Australia, Melbourne merupakan ibukota Australia khusus negara bagian Victoria dengan penduduk terpadat nomor dua setelah Sydney. Apa kamu ingin merasakan bersantai menikmati matahari terbenam di pinggir Yarra River? bersenang-senang di pantai St. Kilda sambil mengetest keberanianmu bermain roller coaster di Luna Park? berfoto di depan beach houses dengan warna cat yang colourful di sepanjang Brighton Beach? Naik Tram yang banyak menjadi spot foto prewedding? Ngasih makan Koala, elus-elus Kangoroo, lihat Penguin? Nyobain makan scotch egg ala Melburnian? Berikut ini FatFalcon akan ajak kamu keliling kota Melbourne untuk merasakan musim panas di Australia yang dijamin tidak akan terlupakan!

10 Hal Asik Yang Bisa Dilakukan di Melbourne Saat Musim Panas

1. St. Kilda Summer Festival
Source : http://www.visitvictoria.com



Source : http://www.visitvictoria.com
Festival yang hanya diadakan setahun sekali selama musim panas; St. Kilda Summer Festival merupakan perayaan musim panas terbesar, mempertunjukkan artis-artis lokal dan seniman Australia di atas panggung tepat berlokasi di tepi pantai St. Kilda. Sst.. yang menarik lagi, acara pertunjukkan ini gratis dan terbuka bagi umum! Secara rutin diadakan di Bulan Februari, di Festival ini akan ada musik, stall makanan, workshops, olahraga dan hiburan anak-anak memenuhi sepanjang jalan O'Donnel Gardens, St. Kilda. Jalanan sepanjang St. Kilda akan ditutup sementara creme-de-la-creme musisi Australia akan bermain melintasi lima panggung musik. Sangat sayang untuk dilewatkan!


2. Eureka Sky Deck 88

Seperti kebanyakan kota-kota wisata di Negara lain, rasanya tidak lengkap apabila tidak melihat kota wisata dari menara tertinggi di kota tersebut, dan hey, di Melbourne ada Eureka Sky Deck 88 sebagai platform observasi tertinggi dengan ketinggian 285m dari tanah. Kecepatan lift untuk mencapai puncak Sky Deck hanya butuh waktu 38 detik saja! Di atas, kamu bisa mendapatkan pemandangan 360 derajat CBD Melbourne, Port Phillip Bay, Docklands, dan lain-lain.
Mau tantangan lebih? Cobain "The Edge"! The Edge adalah landmark pertama di dunia yang menyediakan struktur bangunan kaca yang bisa bergerak keluar gedung dan menjuntai dari ujung Sky Deck tepatnya di lantai 88. Jika kamu takut ketinggian, kamu akan mendapatkan sensasi menegangkan yang kamu cari, cukup dengan menambah biaya $15.
Eureka Sky Deck juga menyediakan Sun & Stars ticket dimana kamu bisa datang pagi-pagi khusus menyaksikan matahari terbit dan kembali di petang hari untuk menyaksikan matahari terbenam serta menikmati indahnya gemerlap lampu kota Melbourne di malam hari.
Souce : http://www.about-australia.com

Source : https://www.eurekaskydeck.com.au/see-do/the-edge/


Source : https://www.pinterest.com/pin/272397477432048918/

3. Belanja di Queen Victoria Market

Market di Melbourne punya sensasi yang tidak sama dengan Market di tempat-tempat lain. Market ini bersejarah dan telah dibangun sejak tahun 1878. Market ini tersusun rapih dan barang-barang yang dijual pun lengkap; buah-buah segar, sayuran, daging mentah, seafood yang masih fresh, sampai baju, sepatu, tas, dan lain-lain. Mengambil Queen Victoria Market Tour akan menambah pengalaman tersendiri untuk mengetahui sejarah pasar ini (tahukah kamu bahwa dulunya Queen Victoria Market dibangun di atas kuburan?) dan bisa berhubungan dengan beberapa pedagang sambil mencicipi sample makanan yang dijual, dari keju, madu, kerang, wine, bir dan coklat. Semua dijual dengan kualitas terjamin. Biasanya koki dari restoran di Melbourne mengambil supply bahan makanan dari market ini.
Source : http://www.amiehu.com/2015/05/guide-to-queen-victoria-market.html


4. Naik Balon Udara di Global Ballooning

Source : https://www.globalballooning.com.au/melbourne/photos

Source : https://www.globalballooning.com.au/melbourne/photos

Source : https://www.globalballooning.com.au/melbourne/photos

Tidak banyak kota di negara-negara lain yang bisa menyediakan balon udara panas yang bisa membawamu ke angkasa dan mendapatkan pemandangan indah seluruh kota wisata yang kamu tuju. Untungnya di Melbourne kamu bisa merasakan pengalaman naik balon udara yang spektakular. Tapi pastikan kamu punya beberapa hari di Melbourne karena kondisi angin berubah secara konstan sehingga penerbangan bisa dibatalkan secara mendadak. Jika hal itu terjadi, setidaknya kalau kamu sudah menyiapkan beberapa hari liburan ke Melbourne, kamu bisa switch salah satu itinerary kamu di hari lain dan mendapatkan pengalaman naik balon udara dengan kondisi cuaca terbaik. Selain itu, kamu perlu ingat bahwa walaupun di luar cuacanya panas, namun ketika kamu sudah mengudara di langit, udaranya bisa berubah menjadi dingin. Oleh karenanya siapkan baju berlapis yang membuat kamu senyaman mungkin. Global Ballooning menawarkan 45 menit penerbangan dengan balon udara yang memberikan birds eye view ke lapangan sepak bola, kriket dan stadium tenis.

5.  Flinders Street Railway Station

Source : https://cjlevinson.com/2012/12/03/flinders-street-station/flinders-street-station/
Flinders Station merupakan stasiun teramai di Melbourne sebagai landmark yang sudah sangat iconic di Kota Melbourne. Keliling Kota Melbourne sangat nyaman karena akses transportasi nya yang mudah dimengerti dan aman. Stasiun ini merupakan stasiun kereta pertama di Australia yang selesai dibangun pada tahun 1909 silam.

6. White Night Melbourne

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada musim panas 2017, White Night Melbourne kembali hadir sebagai perayaan event budaya Australia di musim panas. Terinspirasi dari Nuit Blanche movement, White Night Melbourne merupakan event satu malam yang digelar selama tepat 12 jam dimana sepanjang bangunan landmark Melbourne akan diproyeksikan lampu illuminations, visual art, musik, teater, film, design dan banyak macam pertunjukan.

Intitusi budaya Melbourne, meliputi Art Centre Melbourne, the Australian Centre for the Moving Image, the State Library of Victoria, the National Gallery of Victoria dan Melbourne Museum akan buka sepanjang malam White Night, menawarkan program acara spesial untuk umum secara gratis.


Source : http://www.visitmelbourne.com

Source : http://www.visitmelbourne.com

Source : http://www.visitmelbourne.com

Source : http://www.visitmelbourne.com
Pada tahun 2017, rencananya White Night Melbourne ini akan kembali digelar antara tanggal 18 atau 19 Februari 2017 (dates to be confirmed). Ikuti terus website resminya untuk informasi lebih lanjut.
Lokasi : Melbourne CBD, Swanston Street, Melbourne, Victoria, 3000



7. Explore Federation Square

Federation Square bukan city square biasa. Di lapangan terbuka ini menjadi tempat nongkrong yang menjadi icon masyarakat Melbourne. Ada layar besar untuk menonton acara outdoor, pertunjukan teater pop up, artis jalanan berbakat yang menampilkan pertunjukan di panggung ini. Selain itu ada galeri seni, restoran, cafe, dan bar rooftop.

Sejak pembukaannya di tahun 2002, Fed Square telah menjadi objek wisata yang dikunjungi oleh lebih dari 100 juta orang dan baru saja mendapatkan peringkat 6 sebagai Best Public Square of the World di antara list city square icon di negara international lainnya seperti Naghsh-e Jahaan Square di Iran dan Red Square (Krasnaya ploshchad) di Moskow, Rusia.


Source : http://astar.tv/post/5-alternatives-to-schoolies-on-the-gold-coast/

Source : www.fedsquare.com


8. Strolling Collins St.

Di sepanjang Collins Street kamu bisa menemukan toko-toko cantik yang cocok untuk aktivitas belanja. Banyak barang-barang antik juga yang bisa kamu incar di sini. Selain itu nikmati arsitek bangunan yang berkesan gothic seperti Collins Street Baptist Church, ANZ Banking Museum, dan lain-lain.

Source : https://rexwh.wordpress.com/2012/08/04/the-block-arcade/
Source : https://leannecolephotography.com
9. Day Trip ke Great Ocean Road

Tidak diragukan lagi bahwa day trip ke The Great Ocean Road merupakan salah satu tempat wisata khas negara bagian Victoria yang akan memukau pengalaman kamu. Hanya membutuhkan 3 jam perjalanan darat untuk mengunjungi tempat ini dari pusat kota Melbourne.
Ada banyak tour lokal yang menawarkan day trip ke The Great Ocean Road, atau apabila kamu punya SIM international, kamu bisa sewa kendaraan untuk melihat the 12 Apostles. Pemandangannya benar-benar menakjubkan dan cocok bagi kamu yang suka alam.

Source : http://www.australia.com/it-it/places/great-ocean-road.html


Source : http://www.nytimes.com/2011/04/10/travel/10cover-oceanroad.html

10. Memberi Makan Koala, Penguins, Emu, Kangaroo, dan lainnya di Phillip Island!

Mengelus koala, memberi makan kangguru albino, melihat dingo, dan bertemu dengan binatang khas Australia lainnya, semua bisa kamu temukan di Maru Koala and Animal Park yang merupakan kebun binatang terletak di Phillip Island.
Di sini kamu juga bisa belajar mengenai operasi Wildlife Shelter untuk merehabilitasi dan melepaskan binatang asli yang terluka untuk dikembalikan ke alam liar. 
Kamu bisa berfoto secara dekat dengan binatang-binatang yang hanya bisa kamu temukan di Australia. Didirikan, dimiliki dan dioperasikan oleh keluarga Heffer selama 30 tahun, Maru Koala and Animal Park akan memberikan layanan personal untuk memastikan kamu menikmati kunjungan kamu ke sini.


Source : http://www.marukoalapark.com.au

Tidak jauh dari lokasi Maru Koala and Animal Park, rasakan pengalaman salah satu atraksi paling terkenal di Australia, yakni Penguin Parade. Setiap malamnya saat matahari terbenam, kamu akan terkejut oleh penguin-penguin kecil yang kembali ke pinggir pantai setelah seharian berburu ikan di laut. Setelah sinar matahari mulai berganti malam, penguin-penguin kecil berjalan dengan goyangan kaki khas nya ke tepi pantai untuk perlindungan ke rumahnya di dalam bukit pasir; prosesi yang sangat magis dan takkan terlupakan.
Saksikan penguin terkecil di habitat aslinya dimana di situ telah disediakan stand khusus dan tempat berjalan bagi pengunjung yang bisa menonton secara diam-diam kegiatan penguin di alam. Fotografi dan perekaman film selama melihat penguin ini tidak diperbolehkan agar tidak mengganggu aktivitas natural dari kelompok penguin tersebut.
Tempat wisata ini memenangkan Gold Banksia Award for Environmental Excellence, Tourism Hall of Fame dan terakreditasi penuh oleh organisasi Ecotourism.

Source : http://www.visitphillipisland.com

Source : http://www.visitphillipisland.com

What to Eat

Selain wajib mencoba makanan khas Australia seperti Vegemite, Pahlova, Chiko Roll, Lamington, dan lain-lain, FatFalcon akan mengajak kamu ke beberapa restoran yang menjadi perbincangan para penduduk lokal maupun turis. Rasakan pengalaman kuliner seperti Melburnian sejati!

1. St. Ali Coffee Roasters

Source : www.zomato.com
Kamu tahu cafe st. Ali di daerah Setiabudi yang menjadi perbincangan di social media belum lama ini? Apakah kamu tahu bahwa st. Ali pusatnya ada di Melbourne, Australia? Kamu wajib mencoba ke tempat aslinya di Melbourne dan mendapatkan cita rasa kopi dan brunch Melbourne sesungguhnya dari bahan makanan pilihan terbaik langsung di negara asal.

St ALi Coffee Roasters
12-18 Yarra Place, South Melbourne
Tel: +61 3 9686 2990
Daily: 7am – 6pm

2. The Hardware Société

Source : http://www.ladyironchef.com/2015/06/melbourne-best-cafes/
The  Hardware Societe sangat terkenal di kalangan penduduk lokal maupun turis. Berhubung sarapan merupakan hal yang penting bagi penduduk Australia, dan The Hardware Societe menyediakan menu sarapan yang terkenal yakni Baked Eggs (gambar depan) seharga AUD$18. Menu ini bisa dinikmati dengan sayuran atau dengan chorizo.
Coba juga The Picnic Board (gambar belakang). Dengan harga AUD$20, kamu bisa menikmati porsi besar confit drumstick, daging, telur dan acar. Kamu akan perhatikan bahwa banyak di sekliling kamu yang memesan dua menu ini.

The Hardware Société
120 Hardware Street, Melbourne
Mon to Fri: 7.30am – 3pm
Sat & Sun: 8.30am – 2pm
Nearest Tram Station: Queen Street/La Trobe Street


3. Ghost Kitchen (Diklaim Sebagai Best Food Truck!) - Menyediakan Menu Halal dan Non Halal

Lama berlibur di negara asing pasti sesekali kamu rindu masakan Asia. Menyadari peluang dari terbatasnya Street Food di Kota Melbourne, Jenny Chen mendirikan Ghost Kitchen untuk membawa cita rasa Taiwan ke jalanan Melbourne.

Menang sebagai Time Out Melbourne's "Best Food Truck' Award 2016, nama "Ghost Kitchen" awalnya terinspirasi dari upacara mempersembahkan makanan dan minuman ke leluhur yang telah meninggal dunia. Menu Ghost Kitchen sendiri masih sangat lekat dengan tradisi khas Taiwan dan resep keluarga Chen.
Dari sebuah kios kecil di farmers market lokal, Ghost Kitchen telah tumbuh mencakup food truck sukses yang juga menyediakan jasa catering dan bisa disewa di acara-acara tertentu. Menu sarapan jajanan Taiwan yang biasa disebut "dan bing" atau Taiwanese Pancake adalah roti dengan topping telur dan daung bawang wangi yang dimasak di atas wajan panas. Pancake telur kamu tersebut akan dibungkus donut goreng renyah dan taburan abon gurih. Ghost Kitchen juga menyediakan Gua Bao; sejenis burger ala Taiwan dimana terdapat isian pork belly, kacang, coriander dan acar.



Source : https://www.timeout.com/melbourne/time-out-food-awards-best-food-truck?package_page=84283


Source : http://ghostkitchen.com.au/
Order bisa melalui telepon atau online :
Telp : 03 9500 9000
E-mail : order@ghostkitchen.com.au
Pick Up Address :
3A Talbot Street, Brunswick 3056 VIC  


4. Lights In The Attic

Source : https://www.timeout.com/melbourne/restaurants/the-best-breakfasts-in-melbourne

Menu yang menarik di sini adalah Bird Nest Scotch Egg in Potato Chip Nest. Apa sih Scotch Egg? Basicly scotch egg adalah telur rebus yang dibungkus dengan daging sosis dan ditaburi bread crumb agar renyah saat digoreng. Telur yang sengaja dimasak setengah matang akan memberikan sensasi lelehan kuning telur yang sangat lezat di lidah!

Lights in The Attic
38 Camberwell Rd, Hawthorn East VIC 3123, Australia
Mon to Fri: 7.30am – 3pm
Sat & Sun: 8.30am – 3pm

Let's Start to Travel!

Nah sudah kebayang kan gimana asiknya menghabiskan musim panas di Melbourne? Sekarang yang perlu disiapkan adalah visa, itinerary yang oke untuk memastikan perjalanan kamu lancar dan hassle free. Tapi sekarang kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mengatur itu semua. Ada H.I.S. Travel and Tour yang siap membantu semua persiapan perjalanan kamu dari A-Z.

H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata kamu.  

Mengapa H.I.S. Travel?

http://his-travel.co.id/about-us
Source : http://his-travel.co.id/about-us
  • Kenyamanan Servis

    Source : http://his-travel.co.id/about-us
    H.I.S. Travel dapat membantu semua kebutuhan kamu untuk travelling ke negara yang kamu tuju dari tiket pesawat, hotel, optional tour, individual maupun group tour, rental mobil, visa, dll, pokoknya dijamin beres kalau kamu percayakan ke H.I.S. Travel! Pembayarannya pun dimudahkan dengan beberapa opsi pembayaran online, seperti VISA, Master Card, JCB, BCA KlikPay, E-Pay BRI dan Mandiri Click Pay. Jadi kamu tidak harus punya kartu kredit untuk melakukan pembayaran (cocok buat anak muda yang belum punya kartu kredit :P). Silahkan bertanya dan konsultasi ke cabang H.I.S. Travel terdekat.
    .
  • Global Network Mendukung Keamanan Anda
    H.I.S. memiliki keunggulan jaringan global yang tersedia di berbagai negara. Dijamin perjalanan kamu dari reservasi hingga pulang telah didukung oleh sistem terbaik!
    .
  • Harga Terbaik Langsung dari Cabang Luar Negeri
    Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga bersaing dengan agen tour lokal siap memenuhi kebutuhan budget kamu dimanapun dan kapanpun kamu butuhkan. Nah khusus di region Oceania, kantor pertama H.I.S. beroperasi di Sydney sejak tahun 1987 dan telah mengembangkan sayap ke Melbourne, Brisbane, Perth, Gold Coast, Cairns, Auckland, Nadi dan kantor perwakilan cabang di Nouméa and Pape'ete. Nggak heran ya kalau H.I.S. ahli dalam menyediakan pengalaman menyenangkan liburan di region Oceania!
  • Unggul dalam Individual Tour
    HIS Travel unggul dalam menyediakan layanan tour yang disesuaikan dengan keinginan peserta tour nya. Team staff yang ramah dan berpengalaman akan membantu mengidentifikasi rancangan itinerary terbaik, membantu menyiapkan tiket pesawat, pengurusan visa, pemilihan optional tour, dan juga sewa mobil di tempat tujuan.
    .
  • Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
    H.I.S. tidak perlu diragukan lagi, merupakan perusahaan travel yang sudah terkenal di Jepang. Didirikan sejak tahun 1980, H.I.S. telah memiliki 273 cabang di Jepang, juga 162 cabang di 113 kota dalam 55 negara global. Wow! Nah, makanya coba dulu keliling Melbourne dengan H.I.S., siapa tahu kamu ketagihan, selanjutnya kamu mesti coba tour ke Jepang dengan H.I.S. Sudah kebayang flagship office H.I.S. saja berlokasi di Jepang, wah pasti harganya bersaing banget dan penawarannya lengkap dan menarik! Mulai dari pembelian dan konsultasi cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik di Jepang, serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!
Tunggu apa lagi? Sudah mau akhir tahun. Ayo rencanakan perjalanan kamu bersama H.I.S.! Kamu juga bisa berkesempatan memenangkan Wisata ke Australia dengan mengikuti kompetisi blogging yang diselenggarakan H.I.S. Travel bekerja sama dengan Kawaii Beauty Japan. Informasi lebih lanjut,check out Facebook Page HIS Travel Indonesia dan segera klik banner di bawah ini. See you in Australia! :)

About Agnes Claudia

Hi, My Name is Agnes. I have interest in Food, Photography, Travel and Beauty. Should you have any comments or any other business queries, please drop down your comments below. Enjoy The Fat Falcon! :)

7 comments:

  1. Wiks!

    Super duper cihuyyy selamat yaaa, siap jalan2 ke Oz

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  2. Congratulation :) I was also the winner from the previous contest <3 salam kenal

    BalasHapus
  3. Aaaak, envy... gatau ini lomba mulai kapan dan berakhir kapan. anyway congrats ya kaaa

    BalasHapus
  4. congratz ya...bagus bgt artikelnya :)

    BalasHapus
  5. I really like the fresh perspective you did on the issue. I will be back soon to check up on new posts! Thank you!
    Travel Australia

    BalasHapus
  6. Wow, it's so great you can share your experiences about Melbourne. Thank you for sharing your vacation experiences and knowledge here. en.balijetaime.com

    BalasHapus